MENGATASI SUPER KIPS MACET
MENGATASI SUPER KIPS MACET
By : ADRIAN TO YEN
Siapa nggak puyeng
kalo Super KIPS macet. Digeber ogah lari, terus konsumsi bensin juga
lebih boros. Hal ini banyak dikeluhkan oleh para penyemplak Ninja 2tak
generasi baru. Sejauh ini saran yang diberikan mekanik hanya sebatas
harus bervariasi dalam hal speed, jangan monoton alias sekali-kali
digeber sampe mesin teriak dirpm tinggi. Masalahnya kalo rute diJakarta
kayak gini mau geber mesin gimana lawong lari 100km/jam aja dah
empot-empotan jantung karena rute tidak mendukung. Untuk mengakalinya
sebenarnya bro-bro bisa utak-atik sendiri. Simpel dan gampang. Berikut
panduan dari pak Freddyanto Basuki, bos divisi service Kawasaki Motor
Indonesia.
Katup Super KIPS di Kawasaki Ninja generasi
Euro 2 bisa macet. Kalo udah macet, akselerasi & top-speed langsung
drop. “Macet karena tumpukan kerak sisa gas buang. Jadi gerak putarnya
terhambat. Tapi, nggak perlu diganti. Cukup dibersihin kayak servis
kepala silinder,” bilang Freddyanto Basuki, bos divisi servis PT
Kawasaki Motor Indonesia (KMI).Sejatinya katup Super KIPS buat nambah
power. Ia membuka setelah mesin berkitir sampai 7.000 rpm. Di rpm bawah,
akselerasi motor bagus karena katup Super KIPS nutup. Sehingga bukaan
lubang eksos tidak besar. Di rpm atas, top speed-nya laju karena katup
KIPS membuka liang eksos tambahan. Alhasil, gas buang lebih lancar &
cepat.“Super KIPS juga guna memenuhi standar emisi Euro 2. Jika Super
KIPS macet, semua tujuannya gak jalan,” jelas Freddy, sapaan Freddyanto
Basuki. Dia kasih tips jika Super KIPS macet. Berikut penjelasannya.Buka
aja karet penutup Super KIPS di depan cylinder-head. Mengeceknya, buka
gas ampe 7.000 rpm. Jika gigi-gigi Super KIPS tak bergerak, tandanya
komponen ini macet. “Mestinya di rpm 6.000, gigi-gigi Super KIPS mulai
gerak dan membuka penuh setelah 7.000 rpm,”
Copot karet pelindung Super KIPS (Klik gambar untuk memperbesar)
Copot rumah Super KIPS. Lepas kedua baut pengunci dengan kunci ring 8. Buka putar ke kiri (Anti Clockwise).
Sekarang sudah tampak mekanis Super KIPS. Awas, buka murnya beda dengan baut umumnya. Buka putar ke kanan . Kencengin, putar ke kiri.
Kemudian lepas mekanis Super KIPS yang telah dilepas bautnya tadi..
bersihin bagian mekanis yang kotor, biasanya terdapat tumpukan kotoran berwarna hitam. Gunakan amplas kertas halus ukuran 1200, jika kerak terlalu tebal bisa semprot cairan carburetor cleaner dulu..
Setelah itu lumasi dengan grease (oli gemuk) Hi-Temp, bisa merek apa aja. Kalau saya pake grease merek Top 1 kebetulan di gudang ada orang bengkel mesin yg pake oli top 1 sebagai pelumas utk pembakaran suhu tinggi…ukuran 1 kaleng sekitar 20rban kalo ga salah.
Sekarang tampak gigi mekanis Super KIPS, perhatikan bagian atas gigi mekanisnya, ada titik. Saat dipasang nanti, titik ini kudu ada di tengah 2 titik yang ada di gigi katup Super KIPS.
Kini, katup penutup Super KIPS sudah kelihatan. Lepas dua baut pengunci katup pake kunci L 5. Mencabut katup mesti bantu cungkil dengan obeng min.
Posisi nyongkelnya pilih yang gak ngerusak permukaan kepala silinder.
Sekarang bersihkan. Jika ada cairan carburetor cleaner bisa disemprotkan dulu agar kerak melunak. Kalo nggak ada, kikis aja dengan ampelas halus ukuran 1.000 agar tidak mengikis besi katup.
Komentar
Posting Komentar